IKUT TE GURU PENGGERAK

 ISIAN ESEEY

Selamat Datang, ANI RAHAYU
Angkatan 7

Anda sedang berada di seleksi tahap 1 pendaftaran Pendidikan Guru Penggerak
Anda memiliki waktu hingga 15 April 2022 pukul 23:59 WIB untuk menyelesaikan seleksi tahap 1.

Status Seleksi Tahap 1

Langkah Seleksi
Status
Curriculum Vitae (Langkah 1)
Esai (Langkah 2)
JAWABANNKU DI ESSAY ITU

Apa yang memotivasi Anda menjadi Guru Penggerak? Apa yang Anda lakukan dalam mewujudkan motivasi tersebut?

Motivasi saya menjadi guru penggerak adalah pada dasarnya saya terlahir dari seorang guru yang bagroundnya bukan pendidikan yaitu sarjana jurusan Administrasi Negara , FISIP lulus tahun 1997. Untuk mengembangkan keinginan dan cita - cita saya sejak kecil ingin menjadi guru ,yang kemudian saya melanjutkan pendidikan ke akta IV Kependidikan jurusan Tarbiyah IAIN Jakarta selama satu tahun. Mengajar sebagai tenaga honor di tiga sekolah Aliyah , Tsanawiyah dan smp negeri selama lima tahun. Selama menghonor mendapatkan dukungan untuk mengikuti berbagai macam kegiatan mgmp yang dipercayakan kepada saya , di MGMP berbagi ilmu dan pengalaman mengajar. Saya selama menghonor memegang pelajaran apa saja yang berkaitan dengan ilmu pendidikan sosial ,bahkan mengajar bahasa inggris dan bahasa sunda sesuai SK dari kurikulum. Berdasarkan informasi dari SMP negeri sumbernya pengawas bahwa ada kesempatan mengikuti tes program Guru Bantu angkatan pertama , lima tahun kemudian ikut tes lagi cpns ,dengan berbagai persiapan pemberkasan yang begitu banyak persyaratannya, kemudian mengisi format data yang banyak dan akhirnya berkas untuk memenuhi persyaratan lolos dilanjutkan tes akademik mengenai pendagogik, serta materi umum lainnya .Di hari ujian tes datang lebih pagi jauh dari waktu tes , karena tes nya dilaksanakan di kantorr dinas pendidikan Kabupaten ,mendapatkan SK mengajar di SMA Negeri . Selama menjadi guru honor, menjadi guru bantu dan menjadi guru PNS ada alasan ikut guru penggerak yaitu ingin mengetahui sejauh mana ruang lingkup profesi guru yang profesional dalam menghadapi berbagai permasalahan - permasalahan yang ada di sekolah baik itu menghadapi peserta didik baik pria dan wanita dengan berbagai prilaku dan sikapnya serta bagaimana cara penangannya dan bagaimana hubungan kerja dengan guru bimbinggan konseling serta kaitannya dengan para wakasek dan otoritas kepala sekolah, yang kedua mengenai organisasi sekolah berkaitan dengan tugas pokok para wakasek dalam mengambil keputusan dan kebijakan yang dijalankannya berkaitan dengan sarana prasarana sekolah serta anggaran sekolah hubungan nya dengan anggaran APBN terhadap relokasi anggaran pendiikan, pelaksanaan operasional dilapangan apa yang menjadi kriteria jenjang karir disekolah dalam jabatan wakasek mengenai masa jabatan , lamanya jabatan, target jabatan pemilihan wakasek serta aturan formal yang ditetapkan apakah ada aturannya ? atau ada payung hukum yang memberlakukan jabatan wakasek bisa di atur dalam permen selama ini belum ada.
Serta alasan saya yakin untuk menjadi guru penggerak adalah karena saya mampu untuk menerapkan metode pembelajaran yang menyenangkan serta mampu untuk mempelajarinya sebelum menerapkannya, selain itu alasan saya yang lain adalah dengan menjadi guru penggerak saya akan mencoba menelusuri lebih lanjut tentang filosofi pendidikan oleh Ki Hajar Dewantara selaku bapak pendidikan di Indonesia kaitannya tentang teori belajarnya yang notabene dijadikan acuan dalam merubah paradigma kehidupan belajar di era sekarang ini dengan menerapkan pendidikan yang menghamba kepada anak dengan pedoman 3 semboyannya yaitu:
1. Ing ngarsa sing tuladha, yang artinya sebagai seorang guru apabila di depan memberikan contoh yang baik.
Saya ingin menjadi guru yang bisa memberikan tauladan yang baik , guru itu digugu dan ditiru jadi berusaha untuk
berbuat baik dan mencontohkan yang baik untuk peserta didik masyarakat pada umumnya.
2. Ing madya mangun karsa, yang artinya apabila berada di tengah guru bisa membangun motivasi dan kekuatan.
Saya ingin menjadi guru yang mampu memberikan solusi dan pencerahan bagi peserta didik , masyarakat
dan lingkungan dengan konsep - konsep pemikiran dalam meningkatkan kreatifitas serta kecerdasan .
3. Tut wuri handayani, yang artinya sebagai seorang guru apabila berada di belakang memberikan dorongan yang
baik kepada siswa. Saya ingin menjadi guru yang selalu memberikan motivasi dorongan kearah yang lebih baik,
mensuport demi kemajuan dan perkembangan di bidang pendidikan baik di sekolah maupun di tengah - tengah
masyarakat dan lingkungan. Jika guru mampu memberikan pendidikan yang baik maka akan terwujud cita-cita bangsa dari sejarah kemerdekaan yang tertuang dalam amanat Undang-Undang Dasar 1945 untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Dalam UUD 1945 Pasal 31 Ayat 1-2 dan Pasal 32 secara tegas mengatur tentang pendidikan. Berdasarkan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 Pasal 1 bahwa pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.
Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan membentuk watak serta peradaban bangsa bermartabat untuk rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dalam menghadapi era globalisasi

Apa kelebihan yang mendukung peran Anda sebagai Guru Penggerak? Jelaskan alasannya dan berikan contohnya!

Kelebihan saya yang mendukung peran sebagai Guru Penggerak yang ada dalam diri saya adalah semangat yang tinggi, rasa ingin tahu dan saya mampu untuk memberikan suatu perubahan dinamika belajar pada siswa dengan membuat metode pembelajaran yang sifatnya menyenangkan dan berpusat kepada siswa atau dalam era sekarang adalah merdeka belajar , mencoba menelusuri lebih lanjut tentang filosofi pendidikan oleh Ki Hajar Dewantara selaku bapak pendidikan di Indonesia kaitannya tentang teori belajarnya serta membangun suatu kekuatan agar siswa bisa maksimal mendapatkan ilmu yang ditransferkan oleh kita.Pendidikan pembelajaran yang saya sampaikan kepada peserta didik bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab pada dirinya pada keluarga dan pada masyaarakat , umumnya pada Bangsa dan negara.
Adapun alasan saya mendukung guru penggerak adalah :
1. Mendorong Peningkatan Prestasi Akademik Murid
Peran mendorong meningkatkan prestasi akademik murid merupakan peran yang dimiliki oleh kedua jenis guru, baik itu Guru Penggerak maupun guru dengan definisi baik. Peran mendorong peningkatan prestasi akademik murid selaras dengan tujuan Merdeka Belajar yaitu menciptakan generasi hebat di masa yang akan datang. Peran ini juga sesuai dengan aspek Profil Pelajar Pancasila yang mengharuskan siswa untuk bernalar kritis dan berakhlak mulia agar prestasi akademiknya meningkat untuk meraih cita - citanya dalam memajukan bangsa dan negara.
2. Mengajar dengan Kreatif
Sikap kreatif pada Guru yang baik mampu menemukan metode yang tepat dalam penyampaian materi belajar, begitu juga Guru Penggerak. Terkadang siswa merasa jenuh ketika bahan ajar yang dijelaskan guru hanya disampaikan dengan metode tradisional semacam penyalinan buku teks. Melalui pengajaran dengan metode yang kreatif, guru secara tidak langsung telah memberi contoh kepada siswa untuk selalu berinovasi dalam mencari ilmu tanpa batas waktu dan batas usia ,denggan sikap kreatif akan mampu menyesuaikan diri dalam menyeimbangkan perkembangan dan kemajuan dengan bangsa lain di dunia.
3. Mengembangkan Diri Secara Aktif
Mengembangkan diri secara aktif tak hanya menjadi sebuah keharusan untuk siswa, tetapi berlaku juga untuk Guru Penggerak maupun guru dengan definisi baik. Mengembangkan diri secara aktif berarti selalu berinovasi serta mampu berusaha sendiri dalam meningkatkan kemampuan yang dimiliki. Hal ini sejalan dengan salah satu aspek Profil Pelajar Pancasila yaitu mandiri. Sikap mandiri menumbuhkan semangat dalam menghadapi berbagai masalahdalam perjalanan hidup nya ,selalu sukses mampu menyelesaikan tanpa merugikan orang lain.
4. Mendorong Tumbuh Kembang Murid Secara Holistik
Sikap aktif adalah peran yang hanya dimiliki oleh Guru Penggerak. Sikap aktif inilah yang mendorong tumbuh kembang murid secara holistik mengikuti seluruh aspek Profil Pelajar Pancasila, bukan hanya di kelasnya tetapi juga di lingkungan keluarga dan masyarakat lainnya. Ketika melaksanakan KBM sebagai guru sebaiknya tidak terpaku dengan kurikulum yang ditentukan akan tetapi menerapkan dan mengimplementasikan standar pencapaian Profil Pelajar Pancasila dan mencocokkan dengan metode pengajarannya sehingga nilai - nilai dan norma - norma yang berlaku dimasyarakat selalu ditaati dan dilaksanakan .
5. Menjadi Pelatih (Coach/Mentor) Bagi Guru Lain untuk Pembelajaran yang Berpusat Pada Murid
Sebagai Guru profesional dan aktif memiliki program untuk melatih potensi mentorship dan kepemimpinan, berusaha untuk mampu membantu guru-guru lain. Sebagai Guru memiliki tempat belajar dan berlatih di sekolah, saya berharap para guru yang lulus bisa menjadi Guru mampu menggerakkan teman guru , murid serta lingkungan masyarakat. Berharap Jalur karir dari seorang Guru terus berkembang dan meningkat secara vertikal yaitu menjadi kepala sekolah, pengawas sekolah, serta instruktur pelatihan guru. Ketiga posisi tersebut membutuhkan skill kepemimpinan yang tinggi.
Guru Penggerak diharapkan mampu untuk melakukan perubahan di masing-masing institusi pendidikan untuk mewujudkannya berkolaborasi dengan Kemendikbud , kepala dinas dan pemerintah daerah untuk memastikan bahwa peran Guru sangat dibutuhkan untuk memajukan kecerdasan yang mencakup seluruh wilayah Indonesia.
6. Menjadi Teladan dan Agen of change Transformasi Bagi Ekosistem Pendidikan
Yang mendasari dari seorang guru pada umumnya yang sangat diharapkan adalah menjadi teladan dan agen perubahan di dalam berekosistem dalam pendidikan yang berjalan di tengah - tengah masyarakat, dari seluruh sikap dan prilakunya harus mempunyai dampak membawa perubahan positif kepada guru-guru lain berdampak baik pada sekolahnya , pada lingkungan masyarakatnya ,bagaikan lantera penerang serta obor perubahan di berbagai ruang lingkup bidang kehidupan untuk mencari keselamatan dunia dan akherat

Berikan contoh perubahan, inovasi, pemberdayaan, gerakan, atau lainnya yang memberikan dampak nyata berdasarkan inisiatif Anda sendiri. Apa yang mendorong Anda melakukan hal tersebut? (Jawaban Anda harus mencakup waktu kejadian, dampak atas inisiatif Anda, upaya yang Anda lakukan agar inisiatif tersebut terlaksana, peran Anda dan pihak lain yang terlibat bila ada)

Menurut saya dalam melakukan perubahan inovasi , pemberdayaan ,gerakan yang memberikan dampak nyata berdasarkan inisiatif sendiri adalah salah satunya adalah Mengikuti program Guru Penggerak . Hal ini merupakan kesempatan yang sangat berharga bagi saya untuk perbaikan karier dan kinerja. Dalam program ini seorang guru mendapatkan berbagai macam manfaat dan keuntungan untuk masa depan yang lebih baik. Untuk menjadi guru penggerak yang profesional maka seorang guru harus mampu memberikan contoh perubahan, inovasi, pemberdayaan, gerakan, atau lainnya yang memberikan dampak nyata berdasarkan inisiatif sendiri.
Selain itu, faktor yang mendorong guru melakukan hal tersebut harus mampu diidentifikasi dengan baik.Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Pendidikan bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Dalam rangka mencapai tujuan pendidikan di tengah perkembangan zaman yang semakin modern pada era digital saat ini, peningkatan kompetensi guru harus terus diupayakan guna menghadirkan pembelajaran yang berkualitas. Dalam hal ini guru menjadi ujung tombak dalam mencapai tujuan pendidikan. Untuk itu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru yakni kompetensi profesional, pedagogi, kepribadian, dan sosial, harus mampu diimplementasikan dalam lingkungan sekolah.
Pada pertanyaan ini, calon guru penggerak wajib menguraikan perubahan, inovasi, pemberdayaan, gerakan, atau lainnya yang pernah dilakukan selama menjadi guru berdasarkan inisiatif sendiri di luar tugas pokok. Calon guru penggerak harus menjelaskan secara sederhana jenis perubahan atau inovasi apa yang dilakukan, kapan dilaksanakan, dan bagaiman dampaknya dalam pelaksanaan tugas di sekolah.
Penulisan Esai dalam Program Calon Guru Penggerakan , program ini dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) berlaku di seluruh Indonesia dengan pembagian kesempatan yang diberikan di setiap Kabupaten.
Pelaksanaan program ini gencar disosialisasikan Program Guru Penggerak. Program ini merupakan salah satu program unggulan pemerintah untuk mendorong meningkatkan guru - guru yang profesional.
Untuk mengikuti program ini, setiap calon peserta pendidikan guru penggerak wajib mendaftarkan diri melalui Portal Layanan Program GTK Kemendikbud
Setelah mendaftarkan diri, calon peserta wajib mengisi curriculum vitae (CV) dan menjawab pertanyaan Esai yang telah disiapkan.
1. Cara Pengisian Curriculum Vitae (CV) Program Guru Penggerak
2. Masa Depan Guru Penggerak dalam Program Merdeka Belajar Kemendikbudristek

Berinteraksi dengan orang lain terkadang dapat menjadi sebuah tantangan. Ceritakan kesulitan yang Anda alami saat bekerja sama dengan pihak lain (misalnya rekan sejawat, pimpinan di sekolah, orangtua, wali murid, keluarga, komunitas, perangkat desa, tokoh masyarakat, pemuka agama, instansi, maupun lainnya) guna menimbulkan kesadaran dan kesediaan agar mereka 9 yang Anda hadapi saat itu? Pihak mana saja yang Anda minta untuk bekerja sama dan mengapa? Gambarkan secara jelas!



1755 / 5000
Kesulitan apa saja yang Anda hadapi saat bekerja sama? Adakah penolakan ataupun kegagalan yang Anda hadapi dalam situasi tersebut? Bagaimana respon Anda dalam situasi tersebut? Upaya apa yang Anda lakukan untuk tetap fokus mencapai tujuan yang telah direncanakan?
2216 / 5000
Upaya apa saja yang Anda lakukan untuk mendapatkan komitmen dari berbagai pihak untuk bekerja sama?
1689 / 5000
Bagaimana hasilnya?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEMANKU YANG HEBAT